Menjadi Anak TK A…..

…. adalah hal yang membanggakan bagi Alin, si anak kecil🙂

Bangganya beneran dan (ada kecenderungan) untuk pamer hihihihi….. Merasa sudah yang paling gedhe aja kelakuannya🙂

Dan hal tersebut pun tidak disia-siakan oleh si emak yang bijaksana ini😀

Dengan menggunakan alasan bahwa sudah menjadi kakak TK A, maka si emak pun :

  • Meminta si anak kecil makan lebih cepat, karena kalau jadi kakak TK A kan sudah mulai ikutan ekstra (semester ini si anak kecil ikutan ekstra lasy dan menggambar). Kalau ikutan ekstra, tenaga harus ditambah. Makannya harus lebih cepat supaya makanannya cepat berubah jadi tenaga dan Alin mudah belajar ekstranya.
  • Ditambah dengan kesadaran dari si anak kecil, sepakat untuk tidak lagi minum susu dari botol. Yup, sampai umur segini, dia masih minum susu dari botol dot😀 Nah, mumpung lagi bangga jadi kakak TK, kita pun perkuat bahwa minum susu dari botol itu punyanya adek bayi, bukan kakak TK. Jalan sekitar 2 bulan ini, dia lepas botol kalau mau tidur di malam hari. Untuk tidur siang, masih bergantung ke botol. Tidak apa, saya akan lakukan bertahap🙂
  • Mulai sering mengajak si anak kecil membantu di dapur. Bisa saat memasak atau mencuci piring. Nah, secara si anak kecil merasa ingin menjadi orang dewasa (melakukan hal yang sama dengan apa yang saya lakukan), tentunya dia melakukan dengan senang hati. Terkadang, diam-diam, dia ambil dingklik (kursi kayu kecil) ke wastafel dapur dan mencuci gelasnya sendiri (dimana setelah itu pasti harus ganti baju karena kecipratan air dari keran😀 )
  • Meminta si anak kecil tidak mudah menangis alias cengeng🙂 Zaman dahulu (halah! zaman PG kok ya berasa zaman dahulu😀 ), setiap kali bangun tidur siang, pasti akan disertai dengan tangisan (karena masih mau tidur padahal waktu tidur siang sudah cukup). Nah, mulai TK ini, frekuensi menangis nya memang sudah mulai berkurang🙂
  • Melatih dan membiasakan si anak kecil untuk berkata jujur. Yah, secara anak kecil yah, kalau lagi ada salah pasti ada rasa takut untuk mengaku. Takut dimarahi. Dan dasarnya si anak kecil ini (sepertinya) punya bakat berimajinasi sehingga mudah untuk membuat cerita a.k.a ngeles🙂 Saya mesti belajar lebih bersabar pastinya.
  • Memotivasi si anak kecil untuk belajar bermain sepatu roda, sepeda dan berenang. Dulunya dia sudah pernah mencoba tetapi ngga rutin. Nah, dengan senjata sebagai kakak TK A, mulailah muncul minat untuk bisa bermain sepatu roda, bersepeda dan berenang🙂
  • Bagaimana dengan latihan calistung? Hehehehe….saya termasuk emak penganut, calistung seharusnya diajarkan pada saat SD, maka memang tidak ada waktu khusus untuk belajar membaca dan berhitung. Sejauh ini, pengenalan huruf dan angka, saya lakukan sambil beraktivitas sehari-hari, ketika bepergian atau ketika bermain. Alin saat ini sudah tahu angka dan beberapa huruf. Terkadang karena dia merasa ingin menjadi seperti orang dewasa (secara anak TK A gitu🙂 ), suka menulis huruf-huruf di bukunya. Menulis asal sih, belum bisa terbaca🙂

Pastinya masih akan ada agenda-agenda berikutnya menggunakan senjata anak TK A.

Si emak masih memutar otak untuk menemukan modifikasi perilaku apa lagi yang bisa digunakan dengan senjata ini😀 Tentunya modifikasi perilaku yang baik yah🙂

8 thoughts on “Menjadi Anak TK A…..

  1. Wahh.. Keren nih Alin dah TK A😀 Yippieee..

    Waktu kecil gak pernah ada yg motivasi Py buat main spatu roda, maen sepeda sama berenang..hikss.. Yg ada malah dilarang2 krn kesringan..huahaha..

  2. Besi ditempa selagi panas …

    Saya berani bertaruh …
    nanti kalau sudah kelas satu … akan ada banyak lagi milestone perilaku yang akan dilewatinya …

    Mantap Alin

    Salam saya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s