Praja Muda Karana

Selamat Hari Pramuka!!

Telat euy postingannya tapi ngga apa apa lah ya, masih tetap pada semangat dirgahayu nya Praja Muda Karana🙂

Kenapa saya semangat banget dengan hari Pramuka?

Yup, saya semangat karena jadi ingat zaman ‘keemasan’ aktif di Pramuka ketika masih duduk di bangku SMP dan SMA. Bukan hanya aktif pas kelas 1 nya saja ya (which is dulu Pramuka adalah ekskul wajib buat setiap siswa kelas 1 kan…..), tapi juga berlanjut ke kelas 2 dan 3.

Pas SD sih ikutan Pramuka nya biasa saja, senang bisa main-main sama teman, ikutan persami di sekolah dan seseruan (baca: merinding disko) kalau sudah waktunya jerit malam 😀

Nah, pas SMP, ceritanya saya pindahan sekolah nih (kenaikan kelas 1 ke kelas 2). Di sekolah baru, teman baru, lingkungan baru, pelajaran baru (saya pindah dari sumatera ke jawa tengah yang TERNYATA ada pelajaran bahasa Jawa sebagai muatan lokal….. *sigh*), membuat saya ekstra beradaptasi. Beruntungnya saya bertemu dengan teman-teman yang baik, salah satunya bernama Ayiek. Dari Ayiek lah, saya kemudian diajak untuk ikutan ekskul Pramuka dan mulai aktif di bidang itu. Masa-masa Pramuka di SMP memang lebih menarik daripada waktu SD. Acara Persami tetap dilakukan di sekolah tetapi kita ada games Mencari Jejak dimana semua regu berlomba-lomba menyelesaikan tugas dan membaca sandi di setiap pos untuk menuju pos-pos berikutnya. Menariknya kegiatan Pramuka masa SMP mungkin juga karena saya bertemu dengan teman-teman baru yang mengasyikan🙂

Lepas SMP, masuklah ke SMA. Saya menjalani Pramuka di kelas 1 sebagai ekskul wajib. Gojlokan Persami buat kelas 1 mulai terasa lebih ‘seram’ buat saya. Lebih ke penempaan mental kalau yang saya rasakan. Saya bukan orang yang pemberani, namun tempaan-tempaan itu entah bagaimana membuat saya semakin tertarik dengan ekskul ini. Rasa kebersamaan juga terasa kental di setiap kegiatan (semacam esprit de corps yang saya juga dapatkan di UKM Marching Band ketika kuliah nantinya). Ketertarikan ini yang membuat saya meneruskan ekskul Pramuka di kelas 2.

Tidak hanya aktif di Gugus Depan SMA, saya juga mulai tertarik untuk bergabung di Pramuka Teritorial (Gugus Depan Pramuka yang tingkatnya ada di Kabupaten/Kotamadya – menghimpun Gudep-Gudep dari sekolah-sekolah se Kabupaten/Kodya). Di Pramuka Teritorial ini saya mendapatkan lebih banyak wawasan dan tempaan tentunya sampai akhirnya pada kelas 2 SMA, saya dipercaya menjadi Pradana Putri di sana. Pradana adalah istilah untuk ketua di organisasi Pramuka. Setiap Gudep memiliki 2 ambalan, ambalan putra dan ambalan putri, sehingga ketuanya pun ada 2, Pradana Putra dan Pradana Putri.

Selama masa aktif di kepengurusan ambalan, saya pun sempat ikutan di Satuan Karya (Saka) Bhayangkara. Jadi, di beberapa instansi departemen juga memiliki semacam Pramuka yang dikelola oleh instansi departemen tersebut yang bernama Saka. Misalnya Saka Bakti Husada milik Dinas Kesehatan, Saka Bahari milik Kelautan, Saka Wanabakti milik Dinas Kehutanan dan beberapa lainnya. Nah, Saka Bhayangkara ini adalah Saka milik Kepolisian. Jadilah kami yang aktif di Saka Bhayangkara juga diajari tentang sistem keamanan di masyarakat, pengaturan lalu lintas dan lain-lain. Oh iya, kalau pas lagi lebaran ataupun natal, biasanya kan sering kita lihat ada anak-anak muda berseragam Pramuka ikut mengatur lalu lintas didekat posko-posko polisi, yup, mereka adalah anggota Saka Bhayangkara yang bertugas membantu pengaturan lalu lintas. Yup (lagi), saya pernah juga bertugas yang sama saat itu🙂 (notes: buat saya, ngga gampang lho meniup peluit dengan benar😀 )

Pramuka banyak berperan membentuk pribadi saya menjadi lebih terbuka, berhati-hati, percaya diri dan tentunya menambah banyak wawasan dan pertemanan. Menyenangkan sekali pernah menjadi bagian dari kegiatan-kegiatan itu🙂

“Kami Pramuka Indonesia…..
manusia Pancasila…..
setiaku kudharmakan….
dharmaku kubaktikan….
agar jaya Indonesia…..Indonesia tanah airku…..
kami jadi pandumu…..” (hymne Pramuka)

Leave a Reply

