Hand, Foot and Mouth Disease (HMFD)

Pernah dengar istilah penyakit Flu Singapore?

Sekitar setahun yang lalu, pertengahan April 2012, badan Alin menjadi lebih hangat daripada biasanya dan berlanjut dengan flu ringan (hidungnya srat srut tapi tidak ada ingus yang keluar). Lalu muncul bercak-bercak merah di sekitar mulutnya. Secara dia masih riang gembira sukacita dan tidak menampakkan rasa sakit, saya pikir dia hanya flu saja dan bercak merah itu adalah karena biang keringat. Saya pun tenang-tenang saja. Sampai hari ketiga badannya masih hangat dan bercaknya semakin banyak, ke dokter Herawati Juslam-lah saya menuju.

Belum lagi Alin diminta berbaring, setelah mendengar cerita gejala-gejala dari saya, bu dokter menyampaikan kecurigaannya kalau Alin terkena Flu Singapore. Ketika Alin berbaring dan diperiksa lebih lanjut, dokter Hera pun semakin yakin menetapkan kalau penyakitnya memang Flu Singapore. Terus terang, itulah kali pertama saya berkenalan dengan penyakit ini.

Jadi apa itu Flu Singapore? Berikut ringkasan dari hasil googling waktu itu dan penjelasan dokter Hera

Flu Singapore adalah penyakit yang disebabkan oleh virus yang bernama Enterovirus. Penyakit ini termasuk dalam penyakit Tangan, Kaki dan Mulut (wong Londo bilang Hand, Foot and Mouth Disease a.k.a HFMD). Jadi bercak-bercak merah (akibat si virus itu) munculnya di sekitar tangan, kaki dan organ mulut. Flu Singapore  sifatnya menular melalui kontak langsung dan rentan bagi anak-anak balita (kalau sudah gedhe-an katanya sih tubuh sudah kebal terhadap virus itu). Dari awal gejala sampai sembuh biasanya memakan waktu seminggu sampai 10 hari-an. Hanya saja selama sakit, disarankan sebaiknya si anak “istirahat” dari acara bermain dengan teman-temannya karena penularannya termasuk cepat.

Gejalanya seperti apa? Mirip seperti yang Alin alami waktu itu. Ada demam, flu dan muncul bercak-bercak merah di kaki atau tangan atau mulut. Di beberapa anak malah katanya bisa panen sariawan sehingga menjadi sulit makan (panen sariawan tentunya ngga enak banget buat makan atau menelan yah😦 ).

HFMD 2012Tuuuh….kelihatan kan bercak-bercak merah di sekitar mulutnya. Foto ini diambil pas kita lagi otw ke dokter Hera🙂

Menurut dokter Hera, saya tidak perlu panik karena penyakit ini bisa disembuhkan, apalagi waktu itu Alin kondisinya tidak terlalu parah. Sariawannya sedikit dan tidak besar sehingga memang Alin masih beraktivitas makan dengan normal (normal lama tetep siiih…..🙂 ). Dan kebetulan juga di bulan itu, kasus flu singapore lagi banyak di Semarang….that’s why dokter Hera simsalabim bisa menebak di awal yah🙂

Pulang dari dokter Hera, saya googling tentang penyakit ini sembari laporan sama ayahnya Alin. Eeeeh….secara juga belum tahu apa itu flu singapore, si Ayah nyeletuk iseng deh, “Apa mungkin virusnya dari Singapore, kan Bunda baru pulang dari sana kemarin (kebetulan 2 minggu sebelum Alin sakit, saya memang baru pulang dari Singapore), mungkin ada tas atau bawaannya yang kurang bersih“. Waaaah……saya langsung es-mo-si dong ya dan menjawab sekecap, “Ayah gugling dulu deh apa itu flu singapore” …… *cieeee……si emak berubah jadi emak macan*😀

Alhamdulillah setelah meliburkan diri dari sekolah sekitar seminggu, Alin sembuh dan bisa beraktivitas normal kembali.

Nah, itu kejadian sudah setahun yang lalu, kenapa juga cerita-cerita sekarang?

Saya cerita disini sekarang karena…..di sekolah lagi mewabah flu singapore niiiih……huhuhuhu…..😦😦

Selama 2 minggu kemarin, sudah ada 3 anak playgroup yang kena flu singapore. Saya jadi khawatir juga….masih cari-cari info, apakah seorang anak bisa kena flu singapore lagi kalau sebelumnya sudah pernah kena?

Mudah-mudahan ngga lah ya……

2 thoughts on “Hand, Foot and Mouth Disease (HMFD)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s