#budayaperusahaan by @bukik

Saya baru selesai ngikutin hesteknya mas Bukik tentang Budaya Perusahaan, hal yang menarik buat saya dan saya ingin share juga di blog ini.

Berikut beberapa twitnya mas Bukik :

Bagaimana membangun brand yang kuat? Bangunlah #budayaperusahaan

Brand tanpa #budayaperusahaan hanya akan jadi kedok, topeng. Tidak alami, tidak awet

Sayangnya, kebanyakan perusahaan itu berkepribadian ganda. Wajah ke pelanggan, beda dengan wajah ke karyawan. #budayaperusahaan

Pernah masuk ke sebuah kantor pusat di Jakarta. Masuk langsung terasa atmosfir kreatif, fresh dan muda. #budayaperusahaan

Masuk lift pun masih terasa. Tapi sampai atas, keluar lift, di ruang HRD, atmosfirnya sama sekali berbeda. #budayaperusahaan

Keluar lift kesannya kaku, abu-abu, monoton dan tua banget. Berbeda banget dengan kesan diawa masuk kantor. #budayaperusahaan

Perlakukan karyawanmu sebagaimana kamu ingin karyawan itu memperlakukan pelangganmu. #budayaperusahaan

Kamu ingin karyawanmu ramah ke pelanggan, kamu sendiri judes ke karyawan. Bagaimana mungkin? #budayaperusahaan

Strategi branding yg berpijak pada #budayaperusahaan akan kokoh krn diperkuat dengan perilaku nyata karyawan

Pernah menemui perusahaan yg berkepribadian ganda? Sikap ke karyawan beda dengan sikap ke pelanggan? #budayaperusahaan

Pernah mengalami kamu dituntut ramah ke pelanggan tapi bos kamu judesnya setengah mati? #budayaperusahaan

Pernah ngalami kamu dituntut mendengar keluhan pelanggan, tapi keluhanmu gak didengerin atasanmu? #budayaperusahaan

Pernah menuntut bawahanmu buat mendengar keluhan pelanggan? berapa lama waktumu buat mendengar keluhan bawahanmu? #budayaperusahaan

Beberapa pertanyaan itu contoh pertanyaan buat memeriksa gejala kepribadian ganda di perusahaan. #budayaperusahaan

Kesalahan utama pengembangan #budayaperusahaan adl mencekoki karyawan, semisal dengan ceramah atau hafalan

Formula pengembangan #budayaperusahaan: rumuskan, temukan, praktekkan, kembangkan

Rumuskan #budayaperusahaan dengan menerjemahkan misi perusahaan. Budaya hanya bermakna bila relevan dengan misi

Contoh: @nutrifood misinya menginspirasi hidup sehat. Salah 1 nilai #budayaperusahaan pencegahan lebih baik dr mengobati

Temukan praktek baik dari karyawan (termasuk pemimpin) yg selaras dengan #budayaperusahaan | akui dan apresiasi yg sudah baik

Kunci utama #budayaperusahaan: pemimpin puncak perusahaan mempraktekkannya. Gak mau? Ya gimana yg lain mau ngikutin

Oh ya nilai #budayaperusahaan jangan terlalu banyak. Kalau mengingat saja susah, apalagi mempraktekkannya

Your culture is your brand. Tony H., CEO @Zappos

Terakhir, kembangkan sistem HRD yang menghidupkan #budayaperusahaan

Contoh: @zappos menseleksi karyawan berdasarkan culture fit, bukan pada kemampuan, passion, apalagi IP. #budayaperusahaan

Temukanlah pengungkit. Batu raksasa pun akan bergerak dengan sedikit tenaga

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s