Kaleidoskop Alin 2012 – FWA#1

Project ini berawal dari hobby saya yang suka jeprat jepret Alin dalam kesehariannya dan banyaknya foto-foto nganggur di memori hard disk laptop. Saya pikir menarik juga kalau ada foto-foto yang berbentuk nyata di album foto. So, jadilah kami berencana menyusun album foto khusus Alin dan pernak perniknya selama 2012 (makanya diberi judul Kaleidoskop Alin 2012🙂 )

Dari seribu sekian foto yang ada, saya memilah foto-foto tersebut berdasarkan kategori :

  • (1) Sekolah dan pernak perniknya
  • (2) Crafty – well, she did a lot of crafty things in 2012🙂
  • (3) Kebiasaan unik😀
  • (4) Saatnya bermain
  • (5) Pose dan gaya-gaya “antik”
  • (6) Liburan

Setelah foto-foto tersebut dicetak di studio foto, kami pun mulai mempersiapkan peralatan. Dikarenakan saya dan Alin suka membuat prakarya, peralatan pun tersedia cukup lengkap sehingga kami tidak perlu mengeluarkan biaya ekstra untuk menambah peralatan. Album pun sudah tersedia karena saya punya beberapa stock album foto. Nah, tinggal pelaksanaannya saja nih.

Pengerjaan membutuhkan waktu hampir 2 minggu. Lama kah? Sebetulnya kalau intens digarap, tidak akan sampai 3 hari. Namun karena saya baru bisa mengerjakannya setelah jam kerja, yaitu di malam hari, waktu pun menjadi terbatas. Saya tiba di rumah paling cepat pukul 18.30, setelah bersih-bersih, paling cepat jam 19.00 baru mulai mengerjakan itu bersama Alin. Menjelang jam 20.00, si anak kecil pasti sudah ongap-angop (read: menguap😀 )karena mengantuk. Jam 20.00 pun, aktivitas dihentikan supaya Alin bisa istirahat. Tampak jelas bukan, pengerjaannya ya seadanya waktu🙂

Nah, baru hari Sabtu kemarin, saya dan Alin berkomitmen untuk menyelesaikan project itu. Setelah acara pembagian LPA di sekolah dan bermain di ADA Swalayan dan Carrefour, kami mulai mengerjakan 1 tema yaitu, “Waktunya Bermain”. Alin mendapat tugas untuk menggunting-gunting kertas warna warni dengan gunting gerigi. Kertas itu yang nantinya akan jadi hiasan di album foto. Selain itu, dia juga bertugas menekan foto di lembar album (setelah saya atur tempat peletakan fotonya) supaya foto bisa menempel dengan baik. Sambil mengerjakan itu, sesekali saya tanya apabila dia ada ide untuk menambahkan hiasan di album foto.

Selesai satu tema, kami istirahat tidur siang dahulu. Tema “Pose dan Gaya-Gaya Antik” dikerjakan setelah Alin makan sore. Masih sama tugasnya, Alin kebagian gunting-gunting dan menempelkan foto. Dia juga sempat menuliskan namanya di salah satu lembar album foto. Sekitar jam 19.00, selesai lah tema itu ditutup dengan Alin minta makan coco crunch (iyes, dia lagi tergila-gila koko krunch :D). Oh iya, dari tema-tema yang ada, dia paling suka tema Sekolah. Dia suka karena semua temannya ada di dalam album foto itu😀

crafty (4)

crafty (5)

Sebetulnya masih ada 1 tema lagi yang belum digarap, yaitu Liburan. Foto-fotonya juga masih belum saya pilih dan cetak juga sih😀

Terlepas masih ada 1 tema PR, secara keseluruhan, aktivitas ini menyenangkan. Sambil menempel foto, saya dan Alin bisa flashback lagi apa yang sudah terjadi di tahun lalu. Sama-sama mentertawakan foto-foto yang aneh😀 Selain itu, Alin juga tambah terasah kemampuan motorik halusnya dan (semoga) juga ide-ide kreatifnya🙂

crafty (!)

crafty (2)

crafty (3)

 

4 thoughts on “Kaleidoskop Alin 2012 – FWA#1

  1. jadi bikin scrapbook bareng anak ya.. bagus juga…🙂
    kalo kita karena terlalu males, biasa bikin digital aja trus dicetak langsung jadi photobook. hahaha.

Leave a Reply

