Trip to Yogya 2012

Buru-buru segera taktiktuk cerita tentang liburan ke Yogya nih, keburu penyakit malas-nya datang😀 (padahal saya masih punya PR cerita tentang liburan ke Malang 1 tahun yang lalu….yep! 1 tahun yang lalu a.k.a sudah kadaluarsa kaliii….😦 )

Seperti tahun-tahun sebelumnya, liburan besar keluarga dilakukan di bulan November, berdekatan dengan ulang tahun Alin, si anak kecil. Tahun ini pun kami lakukan hal yang sama. Berhubung ulang tahun Alin bertepatan dengan long weekend Tahun Baru Islam, maka perjalanan-pun dilakukan di saat itu, which is minggu lalu.

Pilihan liburan Alin antara ke kebun binatang atau ke pantai. Pilihan awalnya pengen ke Taman Safari di Puncak, Bogor. Namun setelah menimbang-nimbang enggannya bepergian darat sejauh itu, maka bargain ke Alin bagaimana kalau liburan kali ini pergi ke Yogya yang jaraknya lebih dekat. Dengan iming-iming akan berkunjung ke pantai, si anak kecil pun setuju. Yes!😀

So, ini dia itinerary nya🙂

Jumat, 16/11/12

Setelah sarapan, sekitar pukul 08.00, kami berangkat menuju Yogyakarta. As usual, rombongan lenong yang berangkat, bersembilan orang. Lewat dari terminal Bawen, kita memutuskan masuk ke ring road Ambarawa. Eh, itu view sepanjang ring road oke banget euy…., masih serba hijau dan rawa pening tampak di depan mata (maklum, baru sekarang berkesempatan lewat sana🙂 ) Sepanjang perjalanan, Alin bobo nyenyak dan baru terbangun ketika di ring road Yogyakarta. Tiba di Yogya sekitar 11.30, saya dan Alin pun di “dampar” kan di McD Sudirman. Alin makan siang di McD, yang lainnya berangkat shalat Jumat. Setelah Alin beres makan, yang tuwa-tuwa pun lanjut makan siang di Top Java, sekitaran Samirono. Nostalgia ceritanya, RM Top Java itu salah satu jujugan makan pada saat masih kinyis-kinyis jadi mahasiswa dulu😀

Pukul 14.00, kami beranjak menuju hotel. Pada bulan Oktober yang lalu, saya sudah hunting penginapan via sini dan sini tentang penginapan yang homy di Yogya. Lihat-lihat komentar juga di sini, akhirnya saya jatuh cinta dengan Hotel Rumput🙂 Saya lakukan booking via telepon langsung ke hotelnya. Kalau dilihat dari website-nya, saya suka dengan eksterior dan interiornya seraya berharap semoga aslinya memang seapik foto-foto itu😀 Daaaan…. ternyataaaa….. itu hotel memang bagus!! Sesuai dengan yang saya bayangkan🙂

Daaan, si anak kecil sudah tidak tahan ingin berenang melihat kolam renang tepat di depan kamar yang kami tempati. Setelah membereskan barang-barang di kamar, langsung deh nyemplung ke kolam renang😀 Yang lain beristirahat, Alin ditemani ayahnya asyik berenang.

Malamnya, kami keluar penginapan untuk makan malam. Setelah putar-putar di daerah jalan Kaliurang, kecantolnya malah di Resto Sagan. Ruangannya oke, feels like home. Menunya beragam, dari seafood sampai steak juga ada.

Sabtu, 17/11/2012

Alin semalaman tidur nyenyak dan menjelang subuh, sudah terbangun. Dia terbangun dengan perasaan excited karena hari ini kami akan jalan-jalan ke pantai😀

Selesai sarapan, ada kejutan buat si anak kecil. Yup! Dia berulang tahun hari ini. 4 tahun. Yippie….. Acara tiup-tiup lilin, potong kue dan berdoa. Kebetulan di hotel kemarin, terlihat beberapa anak kecil juga yang sedang menginap di sana. So, beberapa pieces kue ulang tahun dibagikan ke anak-anak yang ada di hotel Rumput. Sekitar jam 8 pagi, perjalanan menuju pantai pun dimulai.

Dari referensi beberapa teman dan googling di internet (terbukti kaaan, emaknya anak kecil ini sahabatan abis sama mbah gugel :D), pantai Indrayanti banyak direkomendasikan. Maka kesanalah kami menuju. Perjalanan ditempuh kurang lebih 1,5 jam dengan lancar dan cuaca yang cerah. Tiba di pantai Indrayanti, ternyata sudah ramai sekali pengunjungnya. Banyak bus pariwisata dan mobil-mobil luar kota yang parkir indah di sana. Tapi, kita masih kebagian spot tikar dan payung pantai. Alin ditemani ayah dan oom-oom-nya langsung cebar cebur aja itu lihat pantai. Ombaknya besar, pasirnya putih dan banyak karang besar di kanan-kiri pantai. Berhubung panasnya bukan main, saya ngga ikutan main air (sekali doang pas awal menggandeng Alin ke tepi pantai dengan hasil celana basah karena tidak memperkirakan tinggi ombak😦 ). Sekitar setengah jam bermain air (dibonusi menelan air laut), Alin minta mandi dan ganti baju.

Sekitar jam 11.30, capcuzz menuju Pantai Baron untuk makan siang. Nangkring makan di salah satu kios makan, Mutiara. Pesanannya ya ngga jauh-jauh dari seafood. Udang goreng mentega-nya maknyuss! Udangnya terasa manis karena masih segar…fresh from the oven, kalau orang Jowo bilang he..he..he.. Alin mah kacau makannya. Secara dia rada picky, cuma makan nasi doang😦

Jam 13.30 perjalanan kembali ke hotel. Alin sukses tepar tertidur di mobil dan baru terbangun ketika tiba di hotel. Dia langsung dijejali nasi dan sup krim-nya KFC setelah mandi sore😀

Malamnya, saya, ayahnya Alin dan Alin menghadiri acara Reuni Akbar Marching Band UGM di Wisma Kagama. Yep! As alumni-nya sana, ajang ini menjadi salah satu wadah silaturahmi anggota dan para senior alumni. Senang bisa bertemu dengan teman-teman seperjuangan zaman baheula😀 seraya memperkenalkan Alin dengan Marching Band🙂

Salah satu yang berkesan adalah welcome drink-nya. Wedang jahe!! Kalau buat orang lain mah wedang jahe biasa saja yah, tetapi kalau buat kami, wedang jahe sangat berkesan. Wedang jahe adalah minuman yang diberikan oleh Mbah Gadjah Belang saat proses pelantikan anggota baru MB UGM setelah melewati rangkaian Latihan Dasar. Pelatikan tersebut biasanya diselenggarakan di area Kaliurang, yang pasti dengan hawa dinginnya. So, wedang jahe itu identik dengan rasa hangat dan nyaman🙂

Makanan dan minuman yang disajikan malam itu pun membuat kami semua bernostalgia, salah satunya adalah angkringan. Kalau yang belum tahu apa itu angkringan, silakan datang ke Yogya ya🙂 Yep! Angkringan adalah tempat nongkrong-nya anak-anak MB UGM saat saya dulu aktif. Biasanya setelah selesai latihan, kami akan beramai-ramai ke angkringan. Angkringan sangat bersahabat dengan kantong mahasiswa :p Di angkringan pula, diskusi dan rapat bisa dilakukan lho, termasuk juga pedekate ke sesama teman…ha..ha..ha.. \=D  Jadi, gimana ngga bernostalgia tuh dengan adanya angkringan di acara reuni kemarin ;;)

Beberapa penampilan dari section pun disajikan. Sayangnya kami tidak bisa menyaksikan semua berhubung si anak kecil sudah terkantuk-kantuk. Sekitar jam 8.30, pamitan deh ke teman-teman🙂

Minggu, 18/11/2012

Si anak kecil bangun pagi lagiiii! Mau berenang katanyah😀

Usai berenang, mandi dan sarapan, kami check out dari hotel. Mampir tilik bayi teman saya, Ekan, di dekat pusat Dagadu. Lalu dilanjutkan dengan berburu bakpia di daerah Pathuk. Ramai sekali hari itu secara long weekend kan ya. Puas borong bakpia, kami melanjutkan perjalanan mengunjungi oom dan tante saya yang tinggal di Kaliurang km 9.

Nah, karena sudah di daerah Kaliurang, bablaslah kami ke atas, menuju Boyong Kalegan untuk makan siang. Ehh….pas nunggu makanan datang, hujan deras pun mengguyur. Deras sederas-derasnya (plus angin pula). Sempat berpindah ke beberapa saung, akhirnya kami menempati lokasi di aula yang bebas dari tempias air. Menu makanan kembali ke seafood lagi yah🙂 Usai makan, hujan reda. Melihat beberapa tamu yang sedang mendayung gethek, Alin pun minta naik gethek pula. Siapa yang mendayung? Ayahnya lah…😀

Puas naik gethek, saatnya capcuss pulang. Perjalanan pulang merambat karena hujan deras kembali menerpa. Menjelang magrib-pun kami tiba di rumah.

Yup! Liburan telah usai…..saatnya kembali ke aktivitas normal…..dan saatnya merencanakan liburan tahun depaaaan…..😀