She’s officially a playgroup student…

Pada awalnya saya merencanakan Alin mulai bersekolah pada saat dia berusia 4 tahun, yang berarti masuk di TK. Menurut saya untuk pendidikan anak di usia dini dapat dilakukan di rumah, oleh orang tua maupun lingkungan di sekitarnya, sehingga tidak menjadikan keharusan bagi orang tua mengikutkan anaknya di kelas nursery, toddler ataupun playgroup. Kekhawatiran saya di sisi lain, ketika anak masuk sekolah terlalu dini, ketika masa-masa SLTP atau SLTA justru menjadi masa antiklimaksnya. Jadi saya pikir, selama Alin bisa terfasilitasi baik di rumah, baik untuk sosialisasi maupun belajar hal baru dan belajar kebiasaan baik, saya bisa menanti sampai saat dia masuk TK nantinya.

Tapi, kemudian sedikit demi sedikit keadaan berubah. Setahun yang lalu, hampir setiap hari ada beberapa teman (anak tetangga) yang selalu bisa bermain bersama baik pagi maupun sore. Kadang mereka bermain di rumah dan terkadang Alin yang bermain ke rumah salah satunya. Namun, pada tahun ajaran baru yang lalu, teman-teman tersebut mulai bersekolah. Ada yang di TK dan ada yang masuk SD. Hal ini membuat secara otomatis, teman bermain Alin berkurang. Sudah bisa dipastikan kalau pagi hari, Alin tidak ada teman bermain karena teman-temannya bersekolah. Kompensasinya menjadi Alin sering sekali berdiam di depan TV kalau sudah bosan bermain dengan si Mbak. Dan acara menonton itu bisa jadi berjam-jam. Alarm bahaya saya berbunyi! Saya kemudian berusaha menyediakan beberapa fasilitas yang bisa membuat dia sibuk, dari buku stiker, buku gunting menempel, buku gambar, finger printing art, puzzle, flip book, play dough (lilin malam). Sampai sekitar bulan Desember (setelah ulang tahunnya yang ketiga), dia mulai bertanya, “Alin sekolah apa?”๐Ÿ™‚ Dan dari awal tahun kemarin, saya pun semakin sering diberondong dengan pertanyaan itu (apalagi setiap pagi dia melihat anak tetangga yang dijemput mobil jemputan sekolah :D)

Saya pun sedikit meluntur (baca : fleksibel). Lebih baik dia aktivitas di luar daripada harus berjam-jam di depan TV!

Cari info sana sini, akhirnya saya naksir dengan sekolah Bukit Aksara, yang terletak di daerah Tembalang, Semarang, sekitar 10 km dari rumah menuju Semarang. Dengan tagline Creative School, saya pikir sekolah ini memiliki program yang berbeda. Saya pun janjian untuk trial di BA 2 minggu yang lalu. Anak-anak usia Alin masuk di kelas playgroup. Pada saat trial, awalnya Alin masih yang tegang, tapi setelah itu dia malah maju pengen jadi polisi (kebetulan hari itu temanya adalah bermain peran sebagai polisi) dan bundanya pun dilupakan selama kurang lebih 1 jam *geleng-geleng*. Setengah jam terakhir acaranya makan siang bersama! Ya..ya…ya…, karena saya ngga tahu kalau ada jam makan, kita pun tidak persiapan bawa makan. Olala…ada salah satu anak yang baik hati memberikan wafer ke Alin untuk dimakan๐Ÿ™‚

Melihat bagaimana Alin saat trial (ditambah rongrongan pernyataannya setelah hari itu “Alin mau sekolah“), minggu lalu Alin didaftarkan di Bukit Aksara dan mulai efektif hari ini!

Yay! Hari ini, Alin resmi jadi anak sekolahan (bahasa si Doel)๐Ÿ™‚

As I predicted, she’s just doing fine…. *erangan emak yang dicuekin hampir 2 jam*

Sampai dengan bulan Juni, jadwal Alin adalah 3 kali seminggu, dari pukul 10.00 s.d 11.30. Mulai bulan Juli, dia akan masuk setiap hari dari pukul 07.30 s.d 11.30. PR saya sampai dengan bulan Juni adalah membiasakan Alin makan lebih cepat (ya..ya..ya..dia masih hobby ngemut sehingga acara makan rata-rata bisa sampai 1 jam๐Ÿ˜ฆ ). Nah, tadi saat jam makan bersama, Alin makan sendiri lho. Sepertinya dia semangat karena teman-temannya juga makan bareng. Walaupun ngga habis maemnya, saya sudah senang sekali dia bisa melakukannya sendiri. Aiiihhh……putri cilikku sudah mulai gedhe…. *jadi terharu sendiri* :’)

Semoga Alin selalu diberi kemudahan untuk proses-proses berikutnya ya…..๐Ÿ˜€

By the way, ini foto-fotonya ya (diambil diam-diam sama emak yang dicuekin anaknya yang asyik main)๐Ÿ˜€

walah, si Mbak motoinnya gerak ituu....

main....main.....main.....

makan bersama....nom...nom...

4 thoughts on “She’s officially a playgroup student…

  1. halo mbak, salam kenal…
    kebetulan aku berencana memindahkan Rakata (anakku yang masih playgroup juga) ke Bukit Aksara… apakah Alin juga masih sekolah di sana? kalo nggak keberatan, bolehkah aku nanya-nanya tentang playgroupnya? terimakasih yaaa๐Ÿ™‚

Leave a Reply

