Untuk Indonesia yang Kuat

Judul : Untuk Indonesia yang Kuat

Penulis : Ligwina Hananto

Penerbit : Literati

—————————————————————————

Buku ini saya beli di sekitar bulan Maret lalu, setelah membaca review-nya di www.theurbanmama.com. Ditulis oleh Ligwina Hananto, seorang financial planner. Nama mbak Wina sudah sering saya dengar tapi memang sambil lalu saja. Nah, membaca review di TUM, sepertinya buku ini menarik untuk dibaca.

Tidak sampai 3 hari, saya sudah kelar membacanya. Hal pertama yang saya rasakan setelah selesai adalah : SAYA MERASA TERTAMPAR TERTEGUR! (dengan cara yang indah tapinya🙂 ) Uurghh…, ternyata saya selama ini masih sedikit sangat menyepelekan untuk urusan perencanaan finansial.

Buku ini terdiri dari 6 bab. Dimulai dari pemaparan tentang visi besar mbak Wina tentang mewujudkan “Stronger Middle Class” di Indonesia. Middle class ya seperti kita-kita pada umumnya. Semakin kuat middle class maka akan memperkuat perekonomian negara. Di buku ini juga dijelaskan bagaimana kontribusi dan pengaruh middle class bagi orang-orang disekitarnya.

Di bab ke-3, dijelaskan beberapa pandangan tentang bagaimana sebaiknya kita merencanakan dan mengelola finansial baik sebagai (status) single maupun berkeluarga. Bagaimana tips merencanakan dana pensiun, dana pendidikan anak, mengelola arus kas bulanan, bagaimana berinvestasi.

Bahasa yang digunakan mbak Wina enak buat dibaca dan dipahami, jadi menggelitik untuk tidak berhenti membacanya (sambil “tertampar” berkali-kali :p ). Ada bonus tick list 100 Langkah Rencana Aksi Keuangan yang bisa kita jadikan panduan untuk merencanakan pengelolaan keuangan. Sampai dengan hari ini, dari 100 tick list, kurang dari 15 yang bisa saya centang…hadeehh….😦 Tapi justru karena baru segitu yang bisa saya centang, saya jadi bersemangat untuk segera bisa centang point-point yang lainnya🙂

Sejak membaca buku ini, saya jadi lebih perhatian mengenai financial planning. Jadi lebih rajin hunting informasi yang berkaitan baik melalui website maupun forum diskusi. Oya, mbak Wina punya website tentang perencanaan keuangan, silakan bisa disimak di http://qmfinancial.com.  Ada beberapa thread di website-nya, salah satunya adalah quick check up, semacam kalkulator pengelolaan keuangan yang kita lakukan saat ini. Dari hasilnya, kita bisa punya gambaran, apakah pengelolaannya sudah optimal. Bila belum, kita perlu mulai merencanakan langkah-langkah apa yang harus dilakukan. Awalnya saya sempat apriori jangan-jangan bakalan ribet nih untuk membuat perencanaan, tapi ternyata tidak juga lho. Senang sudah mendapatkan pencerahan dari buku ini🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s